Bustan Ketua Yayasan UKM: Selamat Hari Batik Nasional 2023

Penulis :

Lucky sun

Jakarta ,traznews.com Batik merupakan warisan budaya masyarakat Indonesia yang telah menjadi kebanggaan bangsa.

 

H. Bustan Pinrang Ketua Yayasan UKM menyampaikan ucapan selamat Hari Batik Nasional bertepatan hari ini, Senin 2 Oktober 2023.

 

“Hari Batik Nasional pun diperingati setiap tanggal 2 Oktober tiap tahunnya.

Dalam perjalanannya, batik Indonesia menjadi warisan budaya yang diakui oleh dunia. Sehingga, Hari Batik Nasional pun ditetapkan menjadi hari penting yang diperingati setiap tahunnya. ” Ujar Bustan kepada awak media di Jakarta, Senin (2/10)

 

Lantas, apakah sudah tahu tentang seluk-beluk Hari Batik Nasional? Berikut informasi Hari Batik Nasional 2023, mulai dari sejarah hingga sentra batik di Indonesia yang memiliki kekhasannya tersendiri.

 

Sejarah Hari Batik Nasional 2023

Bacaan menarik :  Penetapan 3 Tersangka Pengurus Yayasan Pelita Cendikia An-Najjah Blangkejeren Oleh Kasat Reskrim Polres Gayo Lues Aceh Cacat Hukum Dan Diduga Terkesan Dipaksakan

Mengutip laman Kemdikbud, tanggal 2 Oktober 2009 merupakan tanggal bersejarah bagi bangsa Indonesia. Karena, pada tanggal tersebut batik ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan oleh UNESCO di Abu Dhabi.

 

United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) menetapkan Hari Batik Nasional sebagai warisan budaya tak benda. Hal itu disampaikan pada sidang ke-4 Komite Antar Pemerintah tentang Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO.

 

Selain batik, wayang, keris, noken, dan tari Saman ditetapkan sebagai Budaya Tak Benda Warisan Manusia atau Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity. Pengakuan dari UNESCO tersebut yang menjadi cikal bakal ditetapkannya Hari Batik Nasional setiap tanggal 2 Oktober.

 

Dilansir dari laman Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, batik pertama kali diperkenalkan kepada dunia internasional oleh Presiden Soeharto saat mengikuti konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa. Batik Indonesia didaftarkan untuk mendapat status Intangible Cultural Heritage (ICH) melalui kantor UNESCO pada 4 September 2008 di Jakarta.

Bacaan menarik :  EXPO MALAINDO 2022, Peluang Bisnis Indonesia Malaysia

 

Pada 9 Januari 2009, pengajuan batik untuk Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi UNESCO diterima secara resmi. Kemudian, batik dikukuhkan pada pertemuan setelahnya, yakni sidang keempat Komite Antar-Pemerintah tentang Warisan Budaya Tak Benda yang diselenggarakan UNESCO.

 

Momen penetapan tersebut diinisiasi oleh Presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang kemudian menjadikan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Ketentuan ini dimuat dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 33 Tahun 2009 tentang Hari Batik Nasional yang dikeluarkan pada 17 November 2009.

 

Melalui Keppres tersebut, Kementerian Dalam Negeri kemudian menerbitkan Surat Edaran Nomor 003.3/10132/SJ tentang Pemakaian Baju Batik dalam rangka Hari Batik Nasional. Melalui surat tersebut, Kemendagri mengimbau seluruh pegawai di pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten untuk mengenakan batik setiap Hari Batik Nasional.

Bacaan menarik :  RAKERNAS PARTAI GOLKAR TERJADI INSIDEN PENGEROYOKAN YANG DI DILAKUKAN OLEH "AMPG" MINGGU 4 JUNI 2023

 

Lipsus: JL

Bagikan postingan
Ormas MUB Gelar Penggalangan Dana  Untuk  Kelurahan Rua, Kecamatan Maluku Utara Akibat Banjir Bahdang
0
Avene Hyaluron Activ B3 Aqua Cream-In Gel Menunda Penundaan Kulit
0
SUHU BAND Meriahkan HUT TNI AL ke-79 Di Koarmada RI, Kemayoran Jakarta Dengan Lagu “Patriotik”
0
Naval Base Open Day  “Aku Cinta Laut”  HUT TNI AL Ke 79 Tahun 2024 Sukses Di Gelar
0
Kadivhumas Sampaikan Apresiasi Kapolri ke Anggota yang Jadi Penggali Kubur
0
PT Aman Rezeki Indonesia Tampilkan Inovasi Di Travel Fair Hub Space 2024
0
Polri Siap Amankan Kepulangan Paus Fransiskus, 1.165 Personel Gabungan Dikerahkan
0
Gandasari Hadir Di Travel Fair Hub Space 2024 
0
Dinas Perhubungan Kabupaten Gianyar Raih Penghargaan Di Hub Space 2024
0
Jumat Curhat di Pekon Sidodadi Kecamatan Pagar Dewa, Paison Ajak Warga Jaga Kerukunan
0
Pemerintah Tiyuh Margodadi realisasikan BLT DD Periode Bulan Juni Sampai September
0
Polsek Sumber Jaya Laksanakan Patroli Rutin di Pos Pol Kebun Tebu
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!