Berita IndonesiaEkonomiLampungLampung Barat

Mulyanto UTAMA COFEE Terus Berkarya Tingkatkan Kepuasan Penikmat Kopi Robusta Lampung Barat

LampungBarat,Traznews,com

Pelaku Usaha Mikro Kecil danMenengah(UMKM) di  Lampung Barat binaan  Mulyanto Pemilik UTAMA COFFE  yang beralamat di Pekon Suka Jaya Kecamatan Sumber Jaya,telah berhasil membudidayakan masyarakat yang bekerja di bidang kopi. UMKM mandiri sudah dapat peningkatan jumlah pendapatan diperoleh dari para petani dengan memberi binaan mengenai produksi biji kopi dikenal seluruh nusantara, khususnya pecinta kopi Robusta Lampung Barat,25 November 2020.

Namun, hal ini tak terlepas dari binaan Mulyanto berkisar (20) Orang, pemilik UMKM memberikan pengetahuan kepada para petani muda guna menyakinkan hasil panen dari petani dapat memperoleh kualitas yang bagus, dibuat dari biji kopi petik merah pilihan tumbuh di sekitar pengunungan Sumber Jaya dengan capai ketinggian 900 – 1000mdpl, tentu saja pengolahan memakai mesin modern, higienis sehingga menghasilkan bubuk kopi yang enak dan layak dijadikan bubuk kopi bernilai tinggi. Mulyanto UTAMA COFEE Terus Berkarya Tingkatkan Kepuasan Penikmat Kopi Robusta Lampung Barat 2
“ Butuh pembimbingan masalah pada pemeliharaan batang supaya mendapatkan kestabilan hasil setiap tahun dikarenakan harapan petani disini maka diadakannya pembinaan budidaya agar mencakup cara pemeliharaan pohon kopi untuk biji kopi banyak diminati oleh masyarakat, alhamdulilah untuk masalah proses pasca panen disini mencapai 95% bagus dengan memakai sistem alas tanpa menggunakan proses langsung jemur di dalam tanah ” tutur Mulyanto selaku pemilik UMKM  UTAMA COFFE.
Saat Di Hubungi Awak Media Traznews melalui   WhatsApp. Mulyanto menjelaskan ,sudah  menjadi tugas dan tanggung jawab bersama membudidayakan hasil produksi setelah panen biji kopi, siap untuk diperjualbelikan.
Mulyantol mengungkapkan, untuk import kopi dalam negeri yang dikirim ke berbagai nusantara memiliki grade terdapat menyediakan ada 2 ukuran biji kopi telah diuji proses saat ini.
“ Untuk ukuran biji kopi kita menyediakan hanya 2 ukuran yaitu size 7+ dan size 6 dalam natural proses, penjualan baru dalam negeri ” paparnya.
Kopi Robusta ialah UMKM hasil binaan secara mandiri.UMKM berdiri tanggal 24 Desember 2018, baru beroperasi selama 2 tahun penjualan dari binaannya para petani berhasil mendistribusikan ke penjuru nusantara dan kini omset laba yang diperoleh belum bisa memiliki kestabilan terkadang berada di fase naik turun dalam perbulan mencapai rata – rata Rp 3 juta dari hasil binaan pemilik UMKM.
 “ UMKM berdiri pada tanggal 24 Desember 2018 baru berjalan 2 tahun untuk omset laba belum bisa stabil kadang naik kadang turun dalam perbulan rata – rata bisa dapat laba 3 juta rupiah ” paparnya.Mulyanto UTAMA COFEE Terus Berkarya Tingkatkan Kepuasan Penikmat Kopi Robusta Lampung Barat 3
Hasil produksi kita mempunyai dasar asli biji kopi dari Lampung Barat yang memiliki cita rasa ada kacang, karamel dan pahit masih dalam negeri untuk perkembangan lokal belum merambat keluar daerah adapun tetapi tidak pasti dan jarang. 
“ Produksi kopi 100% biji kopi Robusta Lampung Barat, rasa yang dihasilkan dari kopi nya ada kacang,karamel dan pahit tentunya untuk perkembangan masih lokal belum menyentuh keluar daerah. Memang ada sih yang keluar daerah tapi tidak pasti dan jarang ”.(Eki/Sam).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button