Traznews.com, Travel  — Para wisatawan yang mau menghabiskan malam pergantian tahun di alun-alun Magelang bisa sedikit lega. Alun-alunnya bakal bebas kendaraan bermotor.

Pusat Kota Sejuta Bunga itu akan dibebaskan dari kendaraan bermotor selama satu malam (car free night). Penerapan ini nantinya berdampak pada para pengunjung yang hanya diperbolehkan berjalan kaki jika hendak menuju alun-alun.

“Persiapan sudah kami lakukan jauh-jauh hari. Nantinya tidak akan ada kendaraan bermotor di alun-alun,” jelas Kapolres Magelang Kota, AKBP Kristanto Yoga Darmawan, Rabu (27/12/2017).

Pelaksanaan car free night ini diharapkan dapat membuat wisatawan lebih nyaman dan tidak terjebak kemacetan. Beberapa kantong parkir juga sudah disiapkan di sekitar alun-alun.

Penutupan jalur masuk ke alun-alun, akan dimulai pukul 16.00 WIB dan dibuka kembali di atas pukul 24.00 WIB atau selepas perayaan tahun baru. Pengunjung perlu memperhatikan, bahwa kendaraan yang nekat masuk dan parkir kendaraan bermotor di alun-alun, nantinya akan ditindak tegas, baik dengan permintaan pemindahan maupun diderek.

“Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, kami akan memfilter orang-orang yang membawa minuman keras atau barang terlarang lainnya. Kami patrolikan juga anggota dengan menggunakan sepeda,” imbuh Kristanto.

Car Free Night jelang malam pergantian tahun baru ini baru pertama kali dilaksanakan di Kota Magelang. Beberapa wahana baru serta fasilitas gratis juga telah disiapkan oleh Pemerintah Kota Magelang untuk menarik minat wisatawan seperti kembang api, lampion, sejuta laser, video mapping, air mancur menari, dan pentas musik.

Selain itu, rekayasa lalu lintas juga akan diberlakukan pada malam pergantian tahun untuk mengantisipasi kemacetan. Pengalihan arus lalu lintas mulai dari pertigaan Kebon Polo, kendaraan yang menuju ke Yogyakarta dialihkan ke Jalan Urip Sumoharjo.

Sementara, simpang empat CPM ditutup, dan kendaraan pengunjung serta masyarakat sekitar Kota Magelang dialihkan dari Jalan Ahmad Yani ke Jalan Majapahit. Persimpangan trio dalam, arus lalu lintas dari dalam kota menuju Yogyakarta dialihkan masuk ke Jalan Soekarno-Hatta masuk U-Turn Vulgo.

Arus lalu lintas dari Yogyakarta menuju Semarang dialihkan masuk ke Jalan Soekarno-Hatta. Arus lalu lintas dari Jalan Soekarno-Hatta menuju Kota Magelang diputarkan Jalan Bambang Sugeng – Jalan Sarwo Edi Wibowo – Jalan Jendral Sudirman.

Rekayasa lalu lintas juga dilakukan di Jalan Tentara Pelajar. Penutupan arus lalu lintas dilakukan di Simpang Masjid, dan Simpang BPLK. Pengalihan arus lalu lintas dilakukan di Simpang Ngesengan, dan Simpang Patung TP. Rekayasa lalu lintas di persimpangan Canguk, kendaraan roda empat dilarang masuk Jalan Telaga Warna arah simpang empat Canguk. (Red, dbs)

Tinggalkan KOmentar

Masukkan Komentar anda
Masukkan nama anda