DaerahLampungLampung Barat

Sekertaris dinas Kominfo  Lampung barat Indrayani Jadi  Narasumber  Gerakan Nasional Literasi Digital 2021.

 

LampungBarat,Traznews.com-Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Lampung Barat (Lambar), Indrayani M.Pd., menjadi salah satu narasumber pada Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan SiberKreasi dan Kementerian Kominfo Republik Indonesia (RI) secara virtual, Jumat (3/8/2021).

Diluar dugaan kegiatan yang dilaksanakan oleh Kementerian Kominfo kali ini menetapkan Indrayani sebagai kali pertama Narasumber Nasional berasal dari Provinsi Lampung. Hal ini menjadi motivasi para narasumber dan calon narasumber berikutnya untuk mendampinginya di event yang sama di Provinsi/Kabupaten/Kota lainnya dalam bentuk kegiatan webinar. Webinar tersebut ditujukan guna meminimalisir permasalahan yang ada dalam dunia digital, dan terbuka untuk umum yang artinya dapat diakses seluruh masyarakat Indonesia secara virtual (Zoom) dan gratis tanpa biaya.

Hal itu disampaikan Indrayani M.Pd., selaku narasumnas bersama pada webinar yang diikuti secara virtual di ruang rapat Bidang Aplikasi Diskominfo Lambar.

“Webinar ini guna meminimalisir permasalahan yang ada dalam dunia yang saat ini serba digital, dan webinar ini terbuka untuk umum, artinya seluruh masyarakat dapat mengikuti webinar ini melalui meeting Zoom dan ini gratis,” ungkapnya.

Diketahui webinar tersebut juga diikuti Gubernur Lampung, Ir. Hi. Arinal Djunaidi dan menghadirkan dua orang narasumber nasional dan dua orang narasumber lokal diantaranya Sekretaris Diskominfo Lambar, Indrayani M.Pd., (Narasumber Nasional), Direktur Lembaga Pendidikan Terapan Panghegar Bandung, Zul Ichwan SY, S.Kom. (Narasumber Nasional) sementara dua orang narasumber lainnya yakni, Yunita Maya Putri, S.S., S.H., M.H (Dosen Fakultas Hukum Universitas Lampung dan Praktisi Kepribadian), Sofyan Hadi, SHI., (Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMAN 1 Waytenong Lampung Barat).

Sekretaris Diskominfo Lambar, Indrayani M.Pd., yang kerap disapa Bang Indra Muin, Ia menerangkan di era Pandemi Covid-19 ini perkembangan teknologi semakin maju, namun seiring dengan perkembangannya terdapat dampak positif dan negatif dalam dunia digital. Sehingga dalam meminimalisir permasalahan tersebut, SiberKreasi dan Kementerian Kominfo RI mengadakan webinar demi mendukung upaya melawan konten negatif dan berita hoax.

Dalam pemaparannya yang berjudul Tips dan Trik Membuat Konten yang Menarik Bagi Generasi Melineal, menjelaskan bahwa seorang kreator atau pembuat konten di produk elektronik seperti aplikasi Tiktok, YouTube, Instagram, Facebook dan sejenisnya minimal ada tujuh yang perlu diperhatikan.

“Seorang kreator perlu memahami teknik pembuatan konten, konten harus menarik dan informatif, mengenali target audience, kreator memiliki ciri khas/berkarakter, konten disajikan dengan tema yang konsisten, isi konten upayakan original, dan menyertakan hastag (#) dalam setiap mempublikasikan” papar Bang Indra Muin.

Dalam kegiatan webinar kali ini, para narasumber berperan aktif dengan memaparkan judul yang berbeda beda, seperti Zul Ichwan SY, S.Kom. membahas tentang Mendeteksi Ancaman Keamanan Digital di Media Sosial. Narasumber Yunita Maya Putri, S.S., S.H., M.H membahas tentang Mengenal lebih jauh Cara menyuarakan pendapat di Dunia Digital, sedangkan Sofyan Hadi, SHI. mengangkat tentang Bijak di Kolom Komentar.

“Webinar ini sebuah gerakan nasional literasi digital agar lebih banyak menyebarkan hal-hal positif di media sosial,” ungkap Indrayani.

Kemudian, Indrayani menyebutkan keuntungan yang didapat dari webinar tersebut, selain mendapat pengetahuan setiap peserta juga mendapat e-sertifikat dan hadiah e-voucher untuk 10 orang peserta yang beruntung berupa e-money sebesar Rp.100.000,-.

“Keuntungannya yang didapatkan, adanya E-sertifikat dari Kementerian Kominfo dan Hadiah e-voucher untuk 10 peserta beruntung berupa e-money sebesar Rp.100.000,” pungkasnya.

(***).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button