Berita IndonesiaDaerahJawa Timur

Polres Tulungagung Resmikan SIM Masuk Desa SISUKA, Masyarakat Tak Perlu ke Polres

TULUNGAGUNG, TRAZNEWS.COM – Satlantas Polres Tulungagung membuat terobosan baru dalam pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) dengan melaunching program SIM masuk desa atau Sisuka. Dengan inovasi ini, masyarakat lebih mudah dalam membuat atau memperpanjang SIM C maupun memperpajang SIM A, karena cukup datang ke balai desa yang ditetapkan. Langkah ini sebagai upaya menghindari kerumunan warga dan mencegah penularan corona saat mengurus SIM di Polres.

Peluncuran SISUKA dilakukan oleh Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto sebagai salah satu program Kapolri yaitu PRESISI, salah satunya Tranformasi pelayanan public yang isinya meningkatkan kualitas pelayan public Polri dengan pembuatan pelayanan online dan delivery service system layanan kepolisian Program SIM online mencanangkan perpanjangan SIM tanpa kehadiran pemohon SIM, Senin (29/03/2021).

Kapolres menjelaskan, ide program ini berawal dari permintaan masyarakat untuk pembuatan SIM baru yang tetap tinggi meski di masa pandemi. Untuk menghindari kerumunan saat mengurus SIM.

“Tidak boleh ada kerumunan massa. Sehingga inovasi ini dapat mengurangi kerumuanan di Polres sekaligus mencegah penyebaran Covid-19. Karena petugas yang jemput bola,” ucapnya.

Selain itu AKP Muhammad Bayu Agustyan selaku Kasat Lantas Polres Tulungagung mengatakan, bahwa program SISUKA akan terintegrasi langsung dengan program Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

“SIM ini akan ditandai jika ada pelanggaran, jadi ada recordnya,” kata Bayu.

Pengadaan SIM ini, disebutkan Bayu, akan melayani sekitar 20 – 50 pemohon SIM perpanjangan di setiap desa. Pada pelayanan Sisuka ini, akan lengkap dengan petugas kesehatan dan psikologi, ujarnya.

Jika ada masyarakat ingin melakukan perpanjangan SIM kolektif, bisa disampaikan ke Babhinkamtibmas kemudian akan disampaikan ke petugas Sisuka kemudian diagendakan untuk didatangi.

Meski memberi kemudahan bagi masyarakat, Bayu mengatakan, untuk pemohon SIM baru tetap harus mengurus ke Baur SIM Satlantas Polres Tulungagung karena harus menjalani ujian teori dan praktek.

Bayu juga menambahkan, melalui program SISUKA dalam pelayanan pembuatan SIM akan lebih mudah, cepat, efisien dan terjangkau serta mengutamakan keselamatan masyarakat di masa pandemi corona.

“Melalui program pelayanan SISUKA, masyarakat juga dapat melakukan adaptasi di era baru. Karena tidak perlu hadir ke Polres,” pungkasnya. (untung)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button