Berita IndonesiaDaerahLampungLampung Timur

Perdana, Nuzulul Qur’an 2021 Murid di Lampung Timur Membaca Al-Qur’an Juz 1 sampai 30

Lampung Timur (Traznews) – Nuzulul Qur’an adalah peristiwa pertama kali diturunkannya wahyu oleh Allah SWT berupa Al Qur’an yaitu Surah Al-Alaq ayat 1-5 kepada Nabi Muhammad SAW. Peristiwa ini terjadi di Gua Hira (Makkah) pada malam Ramadan saat Rasulullah SAW menginjak umur ke-40 tahun.

Mengetahui hal itu, Dunia Pendidikan khususnya di Lampung Timur mengadakan kegiatan Khotmil Qu’ran Dalam Rangka Memperingati Nuzulul Qur’an 1442 H (Juz 1-Juz 30),”Tujuan Mempererat tali silahturahmi antara Pendidik dan peserta didik Menanamkan jiwa religius dan kecintaan untuk membaca Al-Qur’an pendidik dan peserta didik,”Kata Hi. Marsan, Spd, Ing

Pelaksanaan Semua satuan pendidikan jenjang SMP baik Negri dan Swasta di Lampung Timur yaitu sebanyak 172 Lembaga pada yang dilaksanakan pada hari kamis tanggal 29 April 2021 Waktunya 09.00 sampai selesai.

Dengan adanya acara Nuzulul Qur’an pada 17 Ramadan 1442 H, berarti bahwa akan banyak kegiatan masyarakat yang mengundang kerumunan.

Mengetahui hal itu, Kemenag memilih langkah awal dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 dengan mengeluarkan Surat Edaran Nomor 03 Tahun 2021 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah/2021 Masehi pada tanggal (5/4/2021).

Kemudian Kemenag pada tanggal (8/4/2021) kembali mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 04 Tahun 2021 tentang Perubahan Surat edaran Nomor SE 03 Tahun 2021 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah/2021 Masehi.

Dalam surat edaran tersebut dijelaskan bahwa tujuan dari diterbitkanya surat ini tidak lain adalah untuk memberikan panduan beribadah yang sejalan dengan protokol kesehatan, sekaligus untuk mencegah, mengurangi penyebaran, dan melindungi masyarakat dari risiko Covid-19.

Untuk memperingati hari Nuzulul Qur’an, Pendidikan di Lampung Timur melaksanakannya di masing-masing pendidikan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

H. Marsan, Spd, Ing menjelaskan,”Tempat satuan pendidikan masing-masing di masjid maupun ruang kelas namun tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat pakai masker, jaga jarak, cuci tangan dan lainnya,”kata Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Timur

Pembukaan acara dibuka via zoom meetin oleh Plt. Kadis Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Lampung Timur yang diikuti oleh semua lembaga pendidikan pada pukul 09.00 WIB dilanjutkan dengan membaca alqur’an dari juz 1 sampai juz 30 oleh satuan pendidikan masing-masing dengan metode dan cara pembacaan menyesuaikan dengan keadaan dan situasi masing-masing.

Hi. Marsan, Spd, Ing berharap,”Harapannya kegiatan ini akan dilaksanakan setiap tahun pada bulan suci ramadhan, dengan kegiatan ini mudah mudahan Covid-19 dengan segera hilang dari lampung timur khususnya dan seluruh Indonesia umumnya,”harapnya

Perlu diketahui, Program Nuzulul Qur’an disatukan Pendidikan Kabupaten Lampung Timur merupakan yang pertama kalinya di lamtim dengan diikuti oleh 170 Sekolah Masing-masing pendidikan yang berpartisipasi dan antusias. (Eri)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button