DaerahLampungLampung Barat

Pentingnya Teknologi dan Media Promosi dalam Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

LampungBarat,Traznews.com-Pariwisata sejatinya ialah salah satu potret besar untuk memberikan gambaran wajah Indonesia khususnya di Provinsi Lampung. Baik dan buruknya pariwisata di Provinsi Lampung sedikit banyak akan ditentukan bagaimana kabupaten/kota ini memperlakukan, menata, sekaligus mengelola sektor pariwisata (25/05/2021)

Begitu pun kaitannya dengan perekonomian, pariwisata ialah pilar pembangunan yang semestinya tak boleh ditinggalkan. Presiden Joko Widodo bahkan berulang kali menegaskan bahwa pariwisata harus menjadi leading sector perekonomian nasional.

Mengapa? Karena pariwisata merupakan industri yang paling mudah dan cepat menghasilkan devisa. Ia juga punya multiplier effect tinggi. Ketika pariwisata bekerja, pada saat itu pula ekonomi masyarakat akan bergerak, lapangan kerja tercipta, dan infrastruktur pendukung mesti terbangun.

Kita memang punya modal kuat di sektor ini dengan keindahan, kekayaan alam, serta keanekaragaman budaya yang sungguh luar biasa. Mungkin bisa disebut salah satu yang terbaik di Indonesia. Bangsa ini juga punya kultur keramahan serta tolong-menolong yang tidak semua negara memilikinya. Namun, nyatanya, mengelola keindahan itu tak mudah.

Maka dengan ini Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Provinsi Lampung terus bergerak di dunia teknologi, media promosi dan pemberdayaan untuk penguatan SDM agar mempermudah untuk bergerak dalam mengembangkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Karna itu sangat penting dalam kehidupan masyarakat Lampung dan seluruh Indonesia dalam berbagai hal, salah satunya sektor pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf). Perubahan perilaku wisatawan terlihat ketika search and share 70% sudah melalui perangkat digital.

Terbukti bahwa teknologi dapat mempengaruhi dan membentuk cara seseorang dalam melakukan kegiatan wisata, mulai dari perencanaan perjalanan, saat dalam perjalanan, sampai dengan saat kembali dari perjalanannya, punkas Fransiskus Xaverius Teguh, Asisten Deputi Manajemen Strategis Kementerian Pariwisata.

Teknologi merupakan salah satu variabel penguatan manajemen strategi pariwisata dan ekonomi kreatif seperti tertuang dalam analisis PESTEL (Politic, Economy, Social, Technology, Environment, dan Legal).

Media Promosi merupakan bagian penting dari kegiatan pemasaran yang didalamnya terdapat proses memberi informasi, membujuk dan mempengaruhi konsumen sehingga menghasilkan suatu keputusan pembelian. Oleh karena itu promosi merupakan sebuah cara mengkomunikasikan barang dan jasa supaya barang dan jasa tersebut dikenal sehingga menarik minat konsumen untuk membeli atau menggunakan jasa yang ditawarkan. Dalam melakukan suatu kegiatan promosi di era sekarang perusahaan atau instansi dituntut lebih kreatif dalam membuat dan melakukan promosi melalui pemanfaatan media-media promosi.

Bergelut dalam industri pariwisata dan ekonomi kreatif harus memiliki tantangan tersendiri yang terus berubah seiring zaman. Karna kekuatan gerakan kalau tidak kuatkan di media sosail sama aja nothing.

(**)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button