Berita IndonesiaDaerahLampungTulang Bawang Barat

Pelatihan Penguatan Kapasitas Admin Siskuedes Desa se Kecamatan Pucanglaban

TULUNGAGUNG, TRAZNEWS.COM – Dalam upaya meningkatkan kapasitas admin siskuedes desa se Kecamatan Pucanglaban, khususnya bagi operator pengelola aplikasi tingkat desa maupun kecamatan, serta sebagai upaya optimalisasi peran kecamatan sebagai pembina teknis pemerintah desa (PTPD), dalam penyelenggaraan pemerintah desa.

Syaiful Kahfi, Spd, salah satu Pendamping Kecamatan mengatakan Kegiatan ini untuk peningkatan kapasitas operator Siskeudes juga untuk memonitoring anggaran Desa, Selasa (30/03/2021).

“Pada intinya kegiatan ini adalah yang pertama pemberdayaan atau peningkatan kapasitas Operator Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) sekaligus sebagai media atau koordinasi tiga bulanan bersama Pemerintah Desa, Operator, dan juga Pendamping se Kecamatan Pucanglaban”, ucapnya.

Masih menurut Kahfi selain peningkatan kapasitas terhadap operator Siskeudes, sekalian agenda Online Monitoring Sistem Perbendaharaan Anggaran Negara (OM-SPAN), yang berguna untuk pelaporan realisasi sampai dengan 3 bulan pertama. Jadi ini dilaksanakan untuk memonitoring Anggaran masing-masing Desa. Dan ini terkoneksi dengan aplikasi OM-SPAN sampai di Kementerian Keuangan”, terang Kahfi.

Khafi juga menegaskan, selain kades dan sekdes, bimtek ini juga melibatkan para operator komputer dan juga operator aplikasi sistem keuangan desa (Siskeudes), dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas aparatur dalam pengelolaan keuangan desa.

Kegiatan Bimtek tersebut yang digelar di Aula Balai Desa Panggunguni, Kecamatan Pucanglaban, yang dihadiri oleh Kasi PMD Kecamatan, 2 orang Pendamping Kecamatan, 3 orang Pendamping Lokal Desa, Sekretaris Desa, Bendahara Desa serta Operator Desa Se – Kecamatan Pucanglaban. (Untung)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button