DaerahJawa TimurJember

Konferensi Pers Panglima TNI Menyatakan KRI Nanggala-402 Tenggelam Dan Terlihat Jelas Melalui Citra Bawah Air

Jember,Traznews.com – Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan Kapal selam KRI Nanggala-402 tenggelam di kedalaman, 838 meter bawah laut dalam konferensi pers, bertempat di base operasi Lanud 1 Bandara I gusti ngurah rai Denpasar Bali Minggu (25/4/2021).

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., saat menggelar konferensi pers terkait juga menyatakan, seluruh awak kapal KRI Nanggala-402 yang berjumlah 53 orang dinyatakan gugur.

Pernyataan tersebut didasari oleh penemuan serpihan dan beberapa bagian KRI Nanggala-402, setelah KRI Rigel melakukan pemindaian secara akurat menggunakan multibeam sonar dan magnetometer serta, diperjelas lagi oleh ROV milik singapura yang melakukan citra bawah air secara visual, yang diturunkan oleh MV swift rescues Singapura.

“KRI Rigel telah melakukan pemindaian secara akurat di lokasi tersebut menggunakan Multibeam sonar dan magnetometer, ditambah telah diperoleh juga citra yang dikonfirmasi sebagai bagian dari KRI Nanggala-402,” ujar Hadi.

Penemuan bagian dari KRI Nanggala-402 tersebut, berupa kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, botol berisikan lemak berwarna kuning, dan baju keselamatan awak kapal MK 11.

Menurut Yudo kapal selam KRI Nanggala-402 terbelah menjadi 3 bagian sehingga, dipastikan 53 awak kapal gugur setelah gambar diketahui melalui hasil citra bawah air.

Menurut Yudo MV Swift Rescue singapura menurunkan ROV untuk menindak lanjuti kontak bawah air, yang diberikan oleh KRI rigel.

“Pada pukul 09.04 WITA, ROV singapura mendapat kontak Visual pada posisi 07 derajat, 48 menit 56 detik selatan dan 114 derajat 51 menit 20 detik timur, tepatnya dari datum satu tempat tenggelamnya KRI Nanggala berjarak kurang lebih1.500 yard diselatan, pada kedalaman 838 meter terdapat bagian bagian Nanggala,” kata yudo.

Pada kesempatan tersebut, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan “atas nama seluruh prajurit dan keluarga besar TNI, selaku Panglima TNI saya sampaikan rasa duka cita yang sedalam-dalamnya kepada seluruh keluarga prajurit yang gugur. Semoga Tuhan Yang Maha Besar memberikan keikhlasan, kesabaran dan ketabahan,”.

“Rasa duka cita tersebut juga kami tujukan kepada seluruh keluarga besar Hiu Kencana pada khususnya, serta seluruh keluarga besar TNI Angkatan Laut pada umumnya,” tambah Panglima TNI.

Panglima TNI juga mengatakan bahwa 53 personel awak KRI Nanggala-402 akan diberi kenaikan pangkat. “Kita akan memberikan suatu penghargaan kepada para prajurit Hiu Kencana Nanggala-402 dan itu akan kami ajukan secara berjenjang kepada Bapak Presiden RI yaitu berupa kenaikan pangkat dan segera akan kita proses,” pungkasnya.

(Catur T)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button