DaerahLampungLampung Barat

Kecamatan Sekincau Adakan Pemuktahiran Data Berbasis SDGs Di Balai Pekon Giham Sukamaju

LampungBarat,Traznews,com-Kecamatan Sekincau Kabupaten Lampung Barat Adakan Pemutahiran Data Berbasis SDGs bertempat Di Balai Pekon Giham Sukamaju Kecamatan Sekincau Kabupaten Lampung Barat.08 April 2021.

 

 

 

Hadir dalam acara yang di selenggarakan di balai Pekon Giham Sukamaju  giham sukamaju  Tim Pendamping Propesional (TPP)   Kabupaten Lampung Barat,Camat Sekincau Sri Handayani,SH.,Peratin Giham Sukamaju Hermanto,Pratin Pampangan Agung Imam Prastiyo,Pratin Waspada Heri Subagyo,Peratin Tiga Jaya Prayitno,Uspika Kecamatan Sekincau,serta Seluruh Aparatur Pekon yang Ada di kecamatan Sekincau.Kecamatan Sekincau Adakan Pemuktahiran Data Berbasis SDGs Di Balai Pekon Giham Sukamaju 2

Dalam Sambutanya TPP Kabupaten Lampung Barat Zulkarnain Selaku Tenaga Ahli Tehnologi Tepat Guna ( TA TTG )Menyampaikan,”Pemutakhiran data berbasis SDGs Desa (Pekon) merupakan  pemutakhiran data IDM yang lebih detil,lebih mikro, sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak kepada masyarakat Sebagai proses perbaikan, ada pendalaman data-data pada level RT, keluarga, serta warga.Dengan merujuk pada Permendesa PDTT No 21/2020,Pihak yang terlibat dalam proses pemutakhiran data SDGs Desa ialah Kelompok Kerja Relawan Pendataan Desa, pemerintah daerah kabupaten/kota, pemerintah daerah provinsi, dan Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi”Jelas Zulkarnain.

 

 

 

 

Camat Sekincau Sri Handayani SH Juga menyampaikan “Seorang Peratin (Kepala Desa) memiliki wewenang besar di Pekonya Masing Masing ,Peratin Juga  mempunyai  tanggung jawab yang besar dalam pembangunan,bisa  membawa Pekonya lebih maju. Pembangunan diarahkan untuk mendayagunakan potensi Pekon,atau mengatasi masalah masalah di Pekonya . Untuk itulah dibutuhkan data yang valid, lengkap, dan berkelanjutan.Pada titik inilah Peratin  berperan penting dalam memimpin proses pemutakhiran data SDGs Pekon”.Sampainya Camat.Kecamatan Sekincau Adakan Pemuktahiran Data Berbasis SDGs Di Balai Pekon Giham Sukamaju 3Metode Serta instrumen Pemuktahiran Data  Sesuai dengan Permendesa PDTT Nomor 21/2020, data SDGs Desa adalah milik desa, sehingga pendataan SDGs Desa dilaksanakan dengan metode sensus partisipatoris. Artinya, data dikumpulkan dari informasi di dalam desa, dilaksanakan oleh desa sendiri melalui Pokja Relawan Pendataan Desa, serta untuk keperluan pembangunan dan pemberdayaan masing-masing desa sendiri. Dimensi partisipatoris meningkatkan validitas data SDGs Desa. Adapun dimensi sensus artinya mengambil data seluruh wilayah desa dan RT, serta mengumpulkan data dari seluruh keluarga dan warga desa.

 

 

 

 

Dengan Adanya Pemuktahiran Data SDGs besar harapan dapat mampu “Meningkatkan Kinerja aparatur Pekon dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat umum,dari semua aspek pendidikan,pembangunan,pelayanan dan lain sebagainya,”imbuh Peratin Prayetno .

(Sam).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button