Berita IndonesiaDaerahJawa Timur

Desa Kalidawe Lakukan Verifikasi Penerima IPHPS Selama Dua Hari Secara Virtual

TULUNGAGUNG, TRAZNEWS.COM – Jumlah penerima manfaat dan luasan tanah yang diredistribusi dan program Izin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial atau IPHPS di Desa Kalidawe Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung, ada 333 orang pemohon dan yang sudah lolos ada 205 orang, sedangkan yang sisa 128 orang dilakukan verifikasi virtual selama dua hari.

Verifikasi pengurus IPHPS di Desa Kalidawe yang mana kegiatan berlangsung selama dua hari pada hari kamis dan jumat tanggal 25 sampai 26 Maret 2021 bertempat di aula Balai Desa Kalidawe dan dilaksanakan secara virtual dengan dihadiri oleh Pemerintah Desa Kalidawe, 3 orang dari Dinas Kehutanan CDK Trenggalek, 2 orang Pendamping Kehutanan Sosial Provinsi Jawa Timur, 7 orang dari Perhutani, Kapolsek Pucanglaban dan anggota, Babinsa, dan masyarakat pemohon.

Munaji selaku Kepala Desa Kalidawe menerangkan dengan adanya IPHPS ini diharapkan nantinya bisa mensejahterakan masyarakat Desa Kalidawe khususnya, Jumat (26/03/2021).

“Kesejahteraan masyarakat Desa di wilayah hutan khususnya Desa Kalidawe bisa meningkat dengan adanya IPHPS ini, karena masyarakat bisa menggarap lahan Perhutani dalam durasi waktu 35 tahun untuk pengelolaannya”, terangnya.

“Ada beberapa nilai positif dengan regulasi baru dalam pemanfaatan Perhutanan Sosial ini. Baik bagi masyarakat ataupun Perhutani dan juga meminimalisir sisi negatif yang akhirnya berubah ke arah sinergitas yang menghasilkan produktivitas kepada keduanya” tutup Munaji.

Di tempat yang sama Sekretaris Desa Kalidawe Endri Gunawan, yang akrab dipanggil Endit mengatakan IPHPS ini adalah Program yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya petani hutan.

“Dengan adanya program ini, harapan saya agar bisa mengangkat perekonomian dan kesejahteraan petani, selain itu program ini juga bertujuan untuk menghijaukan kembali hutan dengan semboyan “Hutan Subur, Rakyat Makmur”, tutur Endit. (untung)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button