Berita IndonesiaDaerahJawa Timur

Depan Kantor Dinas Kesehatan Tulungagung Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten, Gelar Ops Yustisi

TULUNGAGUNG,TRAZNEWS,COM  – Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran covid 19 di Kabupaten Tulungagung, Polres Tulungagung bersama tim gugus tugas terus melakukan operasi yustisi dan memberikan sanksi kepada masyarakat yang tidak mengindahkan imbauan pemerintah agar disiplin protokol kesehatan (Prokes).

Pelaksanaan Operasi yustisi dalam rangka peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran dan penanggulangan Covid-19 yang dilakasnakan di depan kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, Senin (22/03/2021).

Dalam Pelaksanaan operasi tersebut mendapati 9 (sembilan) pelanggar yang tidak membawa atau memakai masker. Dikesempatan Iptu Retno Pujiarsih, S.H. (Padal) menyampaikan, operasi yustisi dilaksanakan setiap hari dan setiap saat. Selain di perkotaan, operasi serupa juga dilakukan di seluruh wilayah Kabupaten.

“Kegiatan opersai yustisi di gelar setiap hari oleh jajaran Polres Tulungagung bersama Tim Gugus Tugas dalam rangka meningkatkan disiplin dan penegakan hukum Protokol Kesehatan (Prokes), Satgas Inpres No. 6 tahun 2020 terus melaksanakan Operasi Yustisi untuk pencegahan dan pengendalian Covid-19 di wilayah Kabupaten Tulungagung”, ucapnya.

Lebih lanjut Retno menjelaskan setelah dilakukan penindakan pendisiplinan, 9 warga yang melanggar protokol kesehatan di berikan sanksi berupa denda Rp. 25.000 dan di beri masker serta himbauan untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Dalam Operasi yustisi protokol kesehatan bagi pelanggar dikenai sanksi teguran lesan sebagai efek jera dan selanjutnya tidak mengulangi perbuatannya.” tegasnya.

Operasi Yustisi Protokol Kesehatan (Prokres), yang digelar di Kabupaten Tulungagung merupakan penegakan disiplin dalam meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat, guna menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan Covid-19.

Kegiatan ini sangat penting untuk ditegakkan yaitu bagi masyarakat, agar mematuhi Protkes yakni penggunaan masker, tidak hanya dibawa saja, akan tetapi tetap dipakai, dengan harapan dalam pemakaian masker yang benar sesuai yang dianjurkan yaitu dengan menutup hidung sampai kedagu agar virus tidak mudah masuk,” jelasnya.

Pihaknya berharap, seluruh masyarakat Tulungagung peduli dan mau mematuhi protokol kesehatan. Yaitu sering cuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak, memakai masker dan menghindari kerumunan.

“Pandemi Covid-19 masih ada, kita harap masyarakat sadar, betapa pentingnya mematuhi protokol kesehatan, baik bagi diri mereka sendiri maupun orang lain,” pungkas Iptu Retno.

Operasi Yustisi Protokol Kesehatan (Prokres), yang digelar di Kabupaten Tulungagung merupakan penegakan disiplin dalam meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat, guna menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan Covid-19.

Kegiatan ini sangat penting untuk ditegakkan yaitu bagi masyarakat, agar mematuhi Protkes yakni penggunaan masker, tidak hanya dibawa saja, akan tetapi tetap dipakai, dengan harapan dalam pemakaian masker yang benar sesuai yang dianjurkan yaitu dengan menutup hidung sampai kedagu agar virus tidak mudah masuk,” jelasnya. (Untung).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button